Sabtu, 10 November 2012

reaksi asam basa

REAKSI ASAM BASA


REAKSI KIMIA
         Konsep Dasar Reaksi Kimia
Reaksi kimia merupakan proses perubahan satu atau lebih zat menjadi satu atau lebih zat yang berbeda. Suatu reaksi kimia dapat dicirikan dengan  adanya perubahan (warna, bau, sifat), gelembung udara/gas, endapan

Reaksi asam-basa (reaksi perpindahan proton)
Ciri-ciri asam dan basa, yaitu:
No.
Asam
Basa
1.
Jika dilarutkan dalam air menghasilkan ion H+ (proton)
Jika dilarutkan dalam air menghasilkan ion OH- (hidroksil)
2.
PH < 7
PH >7
3.
Rasanya asam
Rasanya pahit
4.
Merusak logam (bersifat korosif)
Merusak kulit (bersifat kaustik)
5.
Memerahkan  kertas lakmus biru
Membirukan kertas lakmus merah
6.
Wujud berupa padat,cair dan gas
Wujud berupa padat,cair dan gas

 REAKSI ASAM ORGANIK
Definisi dari asam sebagai “substansi yang memberi ion (proton) ke yang lain”. Dapat dilihat bagaimana mudahnya asam melepas ion hidrogen ke molekul air saat mereka larut dalam air. Asam pada larutan memiliki kesetimbangan sebagai berikut:
Sebuah atom hidroksinium dibentuk bersama-sama dengan anion (ion negative) dari asam. Persamaan ini kadang-kadang disederhanakan dengan menghilangkan air untuk menekankan ionisasi dari asam.
Maksud dari asam organik merupakan asam lemah adalah karena ionisasi sangat tidak lengkap. Pada suatu waktu sebagian besar dari asam berada di larutan sebagai molekul yang tidak terionisasi. Sebagai contoh pada kasus asam etanoik, larutan mengandung 99% molekul asam etanoik dan hanya 1 persen yang benar benar terionisasi. Posisi dari kesetimbangan menjadi bergeser ke arah kiri.
Contoh asam organic yaitu:
 
Asam asetat yang memiliki rumus kimia CH3COOH.

1 komentar:

  1. Permasalahan:
    pada kasus asam etanoik, larutan mengandung 99% molekul asam etanoik dan hanya 1 persen yang benar benar terionisasi.Apa yang menyebabkan hal itu?

    BalasHapus