Selasa, 20 November 2012

Ujian Mid Kimia Organik I

Soal dan Jawaban Kimia Organik I

Soal
1.a. Mengapa alkohol sukar disubstitusi dengan gugus fungsi atau senyawa lain?
   b. Jelaskan bagaimana upaya agar alkohol dapat disubstitusi dengan reagen yang lain!
       Berikan contoh!

2.a. Mengapa alkana sukar bereaksi dengan senyawa lain?
   b. Jelaskan bagaimana agar alkana dapat bereaksi dengan yang lain!


Jawab
1.a. Dari referensi yang saya baca, Alkohol adalah senyawa organik yang mempunyai satu atau lebih gugus hidroksil (-OH),   dan ikatan dari hidrogen ini memiliki kelektronegatifan yang tinggi. Hal inilah yang membuat alkohol sukar disubstitusi.

1.b. Alkohol merupakan senyawa yang sukar disubstitusi dengan gugus fungsi atau senyawa lain, tetapi ada beberapa upaya agar alkohol dapat disubstitusikan dengan reagen yang lain, yaitu sebagai berikut:
  1. Reaksi dengan logam aktif
Atom H dari gugus –OH dapat disubstitusi oleh logam aktif seperti natrium dan kalium, membentuk alkoksida dan gas hidrogen. Reaksi ini mirip dengan reaksi natrium dengan air, tetapi reaksi dengan air berlangsung lebih cepat. Reaksi ini menunjukkan bahwa alkohol bersifat sebagai asam lemah (lebih lemah daripada air).
  1. Substitusi Gugus –OH oleh Halogen
Gugus –OH alkohol dapat disubstitusi oleh atom halogen bila direaksikan dengan HX pekat, PX3 atau PX5 (X= halogen).
Contoh:





2.a. Ada beberapa sebab yang membuat alkana sukar bereaksi dengan senyawa lain, yaitu:
- Secara umum, alkana adalah senyawa yang reaktivitasnya rendah, karena ikatan C antar atomnya relatif stabil dan tidak mudah dipisahkan. Tidak seperti kebanyakan senyawa organik lainnya, senyawa ini tidak memiliki gugus fungsional.
- Senyawa alkana bereaksi sangat lemah dengan senyawa polar atau senyawa ion lainnya. Konstanta disosiasi asam (pKa) dari semua alkana nilainya diatas 60, yang berarti sulit untuk bereaksi dengan asam maupun basa
2.b. Walaupun alkana tergolong sebagai senyawaan yang stabil, namun pada kondisi dan pereaksi tertentu alkana dapat bereaksi dengan asam sulfat dan asam nitrat, sekalipun dalam temperatur kamar. Hal tersebut dimungkinkan karena senyawa kerosin dan gasoline mengandung banyak rantai cabang dan memiliki atom karbon tersier yang menjadi activator berlangsungnya reaksi tersebut. Berikut ini ditunjukkan beberapa reaksi alkana :

1.Reaksi Oksidasi
R-H + O2 --> CO2 + H2O + Panas
(R = Gugus alkil)

2.Halogenasi
R-H + Cl2 --> R-Cl + HCl
(R = Gugus alkil)
Alkana dapat bereaksi dengan halogen dalam pengaruh panas atau pengaruh sinar UV.

3.Nitrasi
R-H + HNO3 --> R-NO2 + H2O
(R = Gugus alkil)
Reaksi antara alkana dengan asam nitrat berlangsung antara suhu 150-4750C.

4.Sulfonasi
R-H + H2SO4 --> R-SO3H + H2O
(R = Gugus alkil)





 Sumber:
http://id.wikipedia.org/wiki/Alkana
http://kimia.upi.edu/utama/bahanajar/kuliah_web/2008/frisna_0606305_reaksi_organik/isi/reaksi_alkohol.html/

3 komentar:

  1. Saya Akan Menambahkan Jawaban raden,yaitu:
    1.a. Mengapa alcohol sukar di substitusi dengab gugus fungsi lain atau dengan reagen lain?
    b. Jelaskan upaya agar alcohol dapat di substitusi dengan gugus fungsi ataupun reagen yang lain.
    Jawab:
    a., karena alcohol membentuk ikatan hidrogen dengan sesamanya, ikatan O-H terpolarisasi oleh keelektronegatifan atom oksigen yang tinggi. Polarisasi ini menempatkan muatan positif parsial pada atom hidrogen dan muatan negatif parsial pada atom oksigen. Karena ukurannya yang kecil dan muatannya yang positif parsial, atom hidrogen dapat berhubungan dengan dua atom elektronegatif seperti oksigen.
    b. . Agar dapat disubstitusi, Pembuatan alkil halida dari alkohol, gugus – OH digati oleh atom halogen, Alkohol bereaksi dengan senyawa lain seperti hidrogen halida (HCl, HBr, dan HI) menghasilkan alkil halida (korida, bromida, dan iodida)
    R-OH + H-X → R-X + H-OH
    Alkohol alkil halida
    Reaksi substitusi ini merupakan cara umum yang berguna untuk menghasilkan alkil halida. Karena ion halida merupakan nukleofil yang baik, kita terutama memperoleh produk substitusi, bukannya dehidrasi
    .2.a. Mengapa alkana sukar bereaksi dengan senyawa lain?
    b. Jelaskan upaya yang dapat di lakukan agar alkana dapat bereaksi dengan senyawa lain!
    Jawab:
    a.Alkana adalah Hidrokarbon jenuh yang paling sederhana. Sebagai hidrokarbon jenuh, alkana memiliki jumlah atom H yang maksimum. Alkana juga dinamakan parafin, karena sukar bereaksi dengan senyawa-senyawa lainnya. Kadang-kadang alkana juga disebut sebagai hidrokarbon batas, karena batas kejenuhan atom-atom H telah tercapai.
    Senyawa alkana sukar bereaksi dengan senyawa lain, karena Senyawa alkana bereaksi sangat lemah dengan senyawa polar atau senyawa ion lainnya. pKa dari semua alkana nilainya diatas 60, artinya sulit untuk bereaksi dengan asam maupun basa.
    b.tambahan untuk reaksi
    - Halogenasi Alkana
    Alkana bersifat kurang reaktif. agar dapat bereaksi dengan halogen maka harus dalam suhu tinggi dan bantuan sinar UV, serta menggunakan halogen yang reakstif.
    Rumus umum dari reaksi substitusi ini adalah:
    R-H .....+......X-X + UV ---> R-X ...+...H-X
    Alkana.........halogen.............haloalkana...asam halide




    BalasHapus
  2. Pada jawaban nomor satu mengenai mengapa alkohol sukar disubsitusi beserta upaya yang dapat dilakukan, saya sependapat dengan penjelasan yang anda sampaikan, yaitu penyebab alkohol sukar disubsitusi yaitu karena alkohol memiliki gugus hidroksil (-OH) dengan ikatan dari hidrogen ini memiliki kelektronegatifan yang tinggi. Selain itu saya juga ingin menambahkan bahwa penyebab alkohol sukar disubsitusi yaitu gugus OH pada alkohol merupakan basa kuat dalam suasana netral atau basa. Sehingga sukar untuk digantikan oleh gugus atau reagen lain.
    Sedangkan pada alkana, penyebab alkana sukar bereaksi dengan senyawa lain yaitu alkana adalah senyawa yang reaktivitasnya rendah, karena ikatan C antar atomnya relatif stabil dan tidak mudah dipisahkan. Tetapi yang lebih tepatnya yaitu alkana memiliki affinitas yang kecil sehingga daya gabung dengan senyawa lain kurang.
    Adapun upaya yang dapat dilakukan, menurut saya jawaban yang anda utarakan telah benar, yaitu dengan mereaksikan alkana dengan kondisi dan menggunakan pereaksi tertentu sehingga alkana dapat bereaksi. Sebagai contoh dengan mereaksikan alkana dengan asam sulfat dan asam nitrat.

    BalasHapus
  3. saya ingin menambahkan jawaban untuk nomor 2b
    yaitu : upaya yang dapat dilakukan agar alkana dapat bereaksi dengan senyawa lain adalah dengan katalis.

    BalasHapus